Literasi Digital Persembahan Bunda Iin untuk Nusantara

Semangat pagi para pejuang literasi ……

Jumpa lagi dengan resume yang keenam , kali ini materinya tentang Belajar Menerbitkan Buku.  Semakin kesini materi dan narasumber semakin menarik dan malam ini dibawakan oleh seorang guru Bahasa Inggris sekaligus aktivis organisasi swadaya masyarakat YAPSI yaitu Musiin atau saya panggil beliau Bunda Iin.

Seperti biasa sebagai ciri khas resume saya, ada SS (screen shoot) respon peserta yang akan hadir untuk membantu teman-teman yang tidak mengikuti grup WA gelombang 15 dalam berliterasi ….okey cussss mulai ke Te Ka Pe ……

Sebelum meresume materi dari beliau sedikit saya tulis profile Bunda Iin…. penasaran kan ? foto yang ada di profil dapat dari mana ? karena selama pelatihan foto yang dishare di grup wa bukan foto yang ini ………

Profil Narasumber

Aktifitas Bunda Iin

Pengalaman mengajar beliau dimulai dari menjadi doesen tahun 1994 di STKIP PGRI Jmbang, STIE Dewantara Jombang dan tutor bagi pekerja asing di PT Chief Jedang Jombang

Di lingkungan dunia pendidikan, beliau aktif menjadi tim pengembang mata pelajaran Bahasa Inggris dan tim penilai angka kredit guru di tingkat Kabupaten Kediri
Selain mengajar, Bunda Iin juga founder organisasi swadaya masyarakat YAPSI yang berdiri sejak tahun 1991. Organisasi ini bergerak dalam bidang :

  1. Pemberdayaan ekonomi masyarakat, khususnya UMKM bekerja sama dengan Bank Indonesia Surabaya.
  2. Pemberian bantuan pangan bagi masyarakat miskin, posyandu, anak sekolah bekerja sama dengan World Food Program (UN-WFP) di wilayaj Surabaya, Gresik dan Sidoarjo
  3. Pemberian bantuan susu bagi anak-anak SD bekerja sama dengan Susu Ultra dam Departemen Pertanian Amerika Serikat.
  4. Pelatihan Sekolah Ramah Anak bagi guru-guru SD di Kabupaten Sampang bekerja sama dengan UNICEF.
  5. Pendidikan lingkungan dan daur ulang sampah bekerja sama dengan Tetra Pak Indonesia dan TP UKS Propinsi Jawa Timur.
  6. Pengadaaan perpustakaan kampung, dan toilet di kampung-kampung Surabaya donasi dari UN WFP.

Dalam bidang kewirausahaan, Bunda Iin merupakan founder PT In Jaya yang bergerak di bidang ekspedisi untuk pendistribusian produksi Indomarco dan Indolakto Pasuruan. Selain itu PT In Jaya merupakan pemasok bahan baku tebu bagi pabrik gula di wilayah Madiun, Malang dan Kediri.

Menulis Buku

Bunda Iin menulis buku LITERASI DIGITAL NUSANTARA . Menurut beliau proses mulai menulis sampai menerbitkan bukunya sama dengan yang telah disampaikan oleh Cikgu Tere dan Bang Roma. Kami menerima tantangan dari Prof Eko disaat beliau menjadi narsum dan malam itu juga saya membuat outline buku dari judul yang telah diberikan Prof. Eko, begitu penjelasannya bunda Iin.

Berikut ini outline buku Literasi Digital Nusantara yang disusun Bunda Iin :

  1. Pengguna Internet di Indonesia
  2. Media Sosial
  3. Literasi Digital
  4. Ekosistem Literasi Digital Di Nusantara
  5. Literasi Digital untuk Membangun Digital Mindset Warga +62
Cover Buku Edisi Awal yang diberikan Prof. Eko

Selanjutnya Bunda Iin menjelaskan, semangat saya langsung berkobar untuk segera menyelesaikan buku tersebut. Bekal yang saya gunakan untuk menulis buku adalah surat kabar, buku-buku dan penelusuran referensi di Internet. Saya berusaha menyisihkan 10% dari TPP yang saya terima untuk pengembangan diri yakni dengan berlangganan surat kabar, berlangganan Wifi dan membeli buku-buku yang menambah wawasan pengetahuan saya. Saya tidak hanya membeli buku-buku yang berhubungan dengan mapel Bahasa Inggris, namun semua buku dari berbagai bidang ilmu yang menarik untuk dibaca saya beli.

Menurut beliau, selama ini saya hanya menjadi pembaca yang baik. Seandainya menulis, saya menulis PTK, jurnal, proposal, laporan untuk kepentingan pekerjaan saja, tidak pernah terlintas di benak saya untuk menulis dan menerbitkan buku apalagi di Penerbit Mayor. Namun, di awal tahun 2020, saya membuat perencanaan akan menulis buku di SKP. Dan keajaiban itu datang dengan mengikuti Kelas Menulis Om Jay. Saya jadi ingat dengan buku yang berjudul The Secret (Law of Attraction) karya Rhonda Byrne, buku ini bercerita tentang rahasia kekuatan pikiran atau gaya tarik menarik di alam semesta. Pikiran saya di awal tahun adalah menulis buku, atas kehendak Allah saya dituntun mengikuti kelas menulis dan berhasil menulis buku di penerbit Mayor.

Pelatihan Belajar Menulis Gelombang 15 semakin hari semakin menarik. Saat bunda IIn mennjelaskan buku yang ditulisnya saya sebagai peserta langsung berminat dan tertarik untuk memiliki buku Literasi Digital Nusantara.

Cover dari Penerbit Andi

Isi buku tersebut berasal dari materi yang disampaikan Prof Eko Indrajit di Ekoji Channel (https://www.youtube.com/watch?v=8oMCQspJOII) yang berjudul Digital Mindset. Materi ini kemudian beliau kembangkan berdasarkan referensi baik itu surat kabar, buku dan informasi yang ada di internet. Selain itu pengamatan dalam kehidupan sehari-hari juga sangat berperan dalam penulisan buku ini. Bunda Iin tertarik menulis materi ini karena berdasarkan data yang dirilis Data Statista menunjukkan bahwa Indonesia masuk dalam 10 negara dengan pengguna internet terbesar di dunia. Indonesia berada di peringkat kelima dengan pengguna internet sebanyak 143,26 juta per Maret 2019.

Penjelasan Bab 1

Dalam memaparkan data-data tentang pengguna internet beliau menggunakan data hasil survey APJII. APJII adalah Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia. Hasil survei tersebut saya gunakan sebagai data penulisan dan saya paparkan berdasarkan pengamatan dan referensi yang lain.

Berikut adalah infografis yang beliau cantumkan di buku Literasi Digital Nusantara

Berdasarkan data tersebut nampak pengguna terbesar adalah generasi Z (data tahun 2018). Kemungkinan besar karena PJJ di era pandemi Covid-19, generasi Apha juga mulai menjadi pengguna dalam prosentase yang besar.

Generasi yang lahir antara tahun 1995-2010 adalah Generasi Z atau dikenal dengan iGeneration atau Generasi Net. Mayoritas anggota generasi ini masih di bangku sekolah dan kuliah, hanya sebagian kecil saja yang masuk ke dunia kerja. Gadget dan internet telah menjadi bagian dari kehidupan mereka sejak kecil. Implikasinya mereka menyukai hal yang instan, kenyamanan dan multi tasking. Popularitas diperoleh di berbagai media sosial melalui unggahan-unggahan yang menunjukkan style mereka. Hedonisme sudah menjadi urat nadi yang tidak bisa terlepas dari kehidupan sehari-hari. Mereka menyukai berbelanja secara online sekaligus pelaku industri ekonomi kreatif di dunia maya. Uang tidak lagi untuk investasi seperti yang dilakukan generasi sebelumnya, namun untuk keperluan fashion, travelling dan kuliner.

Penjelasan Bab 2

Berdasarkan hasil survei APJII tahun 2018, alasan warganet +62 menggunakan internet adalah berkomunikasi, bermedia sosial dan mencari informasi tentang pekerjaan. Murid-murid saya jika diajak menggunakan platform Google Classroom dalam pembelajaran selalu mengatakan bahwa paketan yang dibeli adalah paketan media sosial,

Berdasarkan data yang dirilis We Are Social, Hootsuite, 2020 beberapa media sosial yang sering dipakai adalah sebagai berikut :

Pembahasan mengenai media sosial mencakup

  1. Pengertian
  2. Jenis-jenis media sosial
  3. Kelebihan dan kekurangan media sosial

Penggunaan internet yang tidak dimbangi dengan kecerdasan digital akan mengakibatkan pengguna internet menjadi korban kejahatan digital atau bahkan menjadi pelaku kejahatan digital. Di Indonesia UU yang mengatur tentang Informasi Elektronik dan Transaksi Elektronik disebut dengan UU ITE.

UU ITE Pasal 27 adalah pasal pasal yang sering dilanggar oleh warganet, Isi dari UU ITE pasal 27 adalah

Untuk melengkapi pembahasan tentang dunia media sosial, di bagian akhir Bab 2 beliau paparkan tentang jenis-jenis kejahatan siber yang mayoritas sasaran empuknya dalah anak-anak usia 15-19 tahun.

Daftar Kejahatan di Dunai Maya

Penutup

Beliau menutup presentasi dengan mengutip ungkapan yang ditulis di blog Kang Robby (http://robbie-alca.blogspot.com/)

Respon Peserta

Pertanyaan ke-1
Jawaban ke-1
Lanjutan Jawaban Pertanyaan ke-1
Pertanyaan ke-2
Jawaban Pertanyaan ke-2
Lanjutan jawaban Pertanyaan ke-2
Pertanyaan ke-3
Jawaban Pertanyaan ke-3
Lanjutan Jawaban Pertanyaan ke-3
Pertanyaan ke-4
Jawaban Pertanyaan ke-4
Pertanyaan ke-5
Jawaban Pertanyaan Ke-5
Pertanyaan ke-6
Jawaban Pertanyaan Ke-6
Pertanyaan ke-7
Jawaban Pertanyaan ke-7
Pertanyaan ke-8
Jawaban Pertanyaan ke-8

selain pertanyaan dari para peserta juga ada pertanyaan dari Om Jay

Kesimpulan

Bunda Iin menyimpulkan pemaparan materi malam itu dengan ungkapan yang disampaikan Mbah Hasyim Asy’ari dan Pramoedya Ananta Toer.

Tatkala waktuku habis tanpa karya dan pengetahuan, lantas apa makna umurku ini?

“Syaikh Hasyim Asy’ari”

Menulislah, karena tanpa menulis engkau akan hilang dari pusaran sejarah

-Pramoedya Ananta Toer-

Pesan Bunda Iin

Mari Menulis Bapak dan Ibu supaya Kita hidup 1000 tahun lagi

Sebelum mengakhiri pertemuan malam itu Bunda Iin memberikan sebuah motivasi berupa hadiah yaitu akan memberikan 3 buku untuk 3 penulis resume terbaik dengan batas waktu sampai tanggal 17 Agustus 2020.

Deg degan nich semoga resume saya termasuk salah satu dari 3 terbaik Aamiin ……. Ngarep.com sehingga lagi usaha.co.id he he he semoga hasilnya beneran.go.id …. dengan tangan menengadah ke atas ya Allah (silahkan di bayangkan hiii hiii)

Itu dia guys resume pertemuan ke-6 Belajar Menulis Gelombang 15. Mudah-mudahan bisa bermanfaat. Jangan lupa ya guys … tinggalkan jejak di kolom komentar. Kritik dan saran tetap saya butuhkan untuk peningkatan kualitas resume berikutnya.  Salam Literasi

Tentang NUR HIDAYATI

Seorang Tenaga Pendidik (guru) di SMA Negeri 3 Kota Tegal

31 Komentar

  1. Kalau dilombakan dan saya jurinya pasti dpt nilai tinggi

    1. Bunda kanjeng selalu memotivasi dg apresiasinya …matur nuwun bunda

  2. Wah resume terlengkap dan terdahsyat nun. Selalu beda dari yang lain.
    Lanjutkan bun.

    Salam Literasi

    1. Terima kasih mb Marnawati dah hadir ….salam literasi

  3. Tampilan fotonya bagus dan menarik..

    1. Saya belum pandai merangkai kata jd hy bisa membuat resume di blog supaya enak dilihat dan orang akan tertarik membaca …itu saja mb niat saya,…

  4. Setiap resume yang ibu tulis menarik seperti magnet, kalau bisa ajarin saya membuat postingan nya, keren

    1. terimakasih atensinya …saya juga masih proses belajar mb …

  5. Sungguh menginspirasi,
    Dari blognya bunda saya selalu belajar untuk memperbaiki tulisan saya.

    1. Salam literasi mas Abraham …terima kasih sdh hadir di blog ini

  6. Selalu detail, sistematis dan informatif. Good job sister. Insya Allah sudah jadi penulis hebat

    1. Terima kasih suport nya saudariku mb Sri Mulianah ….salam literasi

  7. Ini dia Ibu yg selalu melampirkan SS di dalam resumenya.

    Tetap konsisten, hebat dan terus menginspirasi

    Semangat Bu

    1. Terima kasih mas Indra dah nyempetin hadir ….. Ttp semangat berliterasi

  8. Keren habis…! Bunda…
    NUR HIDAYATI
    N ampak eksotik Blog bunda Nurhidayati
    U ntuk ukuran guru seperti saya ini
    R asa pingin mengejar ketinggalan tak terperi
    H aruskah daku iri dengan mengasah intuisi?
    I novasi guru yang tiada henti mengisi nurani
    D alam kepiawaian menuju prestasi tinggi
    A langkah merdeka jiwa yang santun berbudi
    Y ang sanggup mengakui diri kurang berpotensi
    A sah hati menggapai derajat tinggi
    T eknologi terpatri penyempurna budi pekerti
    I ndah di akhir uji yang tak butuh dipuji.

    Mantap bu Nurhidayati

    1. Wah cetar membahana komentarnya amazing susunan kata -katanya …terima kasih dah hadir di blog ini

      Iri saya sama kualitas susunan kalimat anda

  9. Resume yang tampil lengkap, cantik dan menarik. Klo deket mo belajar sama ibu…gmn buatnya..

    1. terima kasih bu dah mampir He he he gampang ibu cuma pake power point aja tp mmg harus telaten agak.lama bikinnya

  10. Salam literasi mb Juni ….terima kasih sudah mampir

  11. Anda masih seperti yang kemarin. Konsisten, ilustratif, dan luar biasa.

    1. Matur nuwun suportnya mas,…….salam literasi

  12. Saya ikuti resume pertama sampai keenam makin bagus ternyata .makin menemukan ciri khas nya. Kereeeeen bu

  13. Jago bener ibu Nur kalo bikin gambar gambar nya menarik bgt keren bu

  14. Bagus sekali resum e mantul

  15. Laiya kiye resume bulik q wah temenen kyeh apik banget. Ajari to bulik gawe blok kaya kiye pan go dagng online lah heeeee

  16. Mantul mb siiip

  17. Mantap bu. Keren 100%

  18. Bu guru hebat sumpah. Ajarin ngapa bu bikin blog keren gt. Sayang saya dah lulus ya bu. Keren keren keren jempol dech buat bu guru

  19. Nah gt donk bu M.Kom nya di pakai selama ini hy pake S.Kom knp bu? Cetar bu sumpah ambyar tenan bu asli

  20. Keren abis bu resume nya makin berkembang nih bu guruku dalam menulis
    Siiiiiiip buuu

Komentar ditutup.