Motivator dan Inspirator Entrepreneur Sejati Seorang Bunda Betti

Resume Kelima Pelatihan Belajar Menulis Gel. 15

Hari/tanggal        : Rabu, 12 Agustus 2020

Waktu                   : Pukul 19.00 – 21.00 WIB

Pemateri               : Dra. Betti Risnalenni, MM

Topik                    : Guru Entrepreneur

Moderator : Dra. Sri Sugiastuti, M.Pd

Peresume             : Nurhidayati, S.Kom ( nurhidayatismaga@gmail.com)

Semangat pagi para pejuang literasi ……

Jumpa lagi dengan resume yang kelima, kali ini materinya tentang Guru Entrepreneur.  Materi malam ini sangat menarik dan dibawakan oleh seorang guru sekaligus entrepreneur sejati yaitu Ibu Dra. Betti Risnalenni, MM.

Seperti biasa sebagai ciri khas resume saya, ada SS (screen shoot) respon peserta yang akan hadir untuk membantu teman-teman yang tidak mengikuti grup WA gelombang 15 dalam berliterasi ….okey cussss mulai ke Te Ka Pe …...

Pengertian Entrepreneur dan Entrepreneurship

Sebelum meresume materi dari beliau sedikit saya uraikan apa itu Entrepreneur dan Entrepeneurship

Definisi Entrepreneur dan Entrepreneurship dalam berbagai literatur agak berbeda satu sama lainnya. Kata entrepreneur dan entrepreneurship berasal dari bahasa Prancis, entreprendre yang dapat diartikan sebagai memulai atau berusaha melakukan tindakan. Dalam perkembangannya, kedua istilah ini lebih banyak digunakan dalam dunia ekonomi atau bisnis ( sumber dari https://www.kanalinfo.web.id/pengertian-entrepreneur-dan-entrepreneurship)

Pengertian Entrepreneur secara umum adalah keinginan dan kemampuan seseorang untuk melakukan perombakan sistem, mengubah ide baru atau penemuan baru menjadi sebuah inovasi yang sukses.

Dalam bahasa Indonesia, Entrepreneur sering diterjemahkan menjadi wirausaha, yang berasal dari kata wira yang berarti berani/pahlawan dan usaha. Secara sederhana wirausaha dapat diartikan sebagai seorang yang berani melakukan usaha sendiri.

Dalam bahasa Indonesia, Entrepreneurship sering diterjemahkan menjadi kewirausahaan. 

Pengertian Entrepreneurship (kewirausahaan) adalah usaha menciptakan nilai tambah dengan jalan mengkombinasikan sumber-sumber melalui cara-cara baru dan berbeda untuk memenangkan persaingan. Kewirausahaan merupakan proses seorang wirausaha (Entrepreneur) mengidentifikasi, mengembangkan, dan membawa visi ke dalam kehidupan. Visi tersebut bisa berupa ide inovatif, peluang, cara yang lebih baik dalam menjalankan sesuatu.

Oke ….langsung saja kita lanjut ke paparan materi kali ini. bentuknya cerita loh ….cerita pengalaman seorang bisniswoman, keren ga tuh …….catat ya jaman now enterpreneur itu profesi yang cetar membahana loh ya …..

Jiwa Entrepreneur

Bu Betti memiliki jiwa entrepreneur sejak kecil tapi merasa malu untuk menunjukkan karena tidak mau atau gengsi disebut “tukang dagang”. Saat usia sekolah sampai kuliah selalu menyempatkan diri berbisnis dengan menjual dan menitipkan kue dagangannya ke toko-toko termasuk ke kantin sekolah. Tetapi setelah menikah usaha catering keluarga ditutup karena ibunya merasa sudah cukup capek usaha di catering, sehingga beliau tidak pernah lagi menengok usaha makanan tersebut.

Setelah lulus kuliah, beliau mulai mengajar di sekolah orang lainn hanya sebagai guru. Ini loh pendapat seorang entrepreneur menjadi guru di sebut hanya mengajar di sekolah orang lain …… ambyar ga tuh prinsip hidupnya, nah perlu dijadikan motivasi ini …..he he he

Pengelola 24 Pusat Kursus

Tahun 1996, beliau mulai membuat kursus dan menjadi pengelola pusat kursus . Nah dari sinilah jiwa bisnisnya mulai berontak meletup-letup.  Ga tanggung-tanggung guys ….24 pusat kursus di Bekasi, wuihh….. keren ga tuch …..tidak hanya 1 tapi 24 guys ……ambyar tenan iki ( kata alm. Didi Kempot guys …..)

Tahun 2003 beliau mulai merintis mengelola sekolah TK dan SD Insan Kamil punya sendiri dan berada di Bantar Gebang Bekasi. Kegiatan lainnya adalah bekerja sama dengan Metropolitan Mal di Bekasi. Dari tahun 1996 sampai 2007 beliau mengadakan lomba di Mal, free saya pakai Mal bahkan untuk hadiah suka dibantu oleh teman-teman Mal begitu bu Betti menjelaskan.

Beliau bekerja sama dengan orang yang mau membuat pusat kursus dan melatih guru-gurunya kemudian wajib memakai buku karya bu Betti. Wah ….. semua digasak abis tuch sama bu Betti keuntungannya he hehe

Lomba di mal itu lebih ke entertain saja, membuat anak-anak senang juga orang tua senang sehingga dana untuk piala dan makanan sudah dimasukkan ke pendaftaran, beliau bekerjasama lagi dengan makanan siap saji, dari sinilah bu Betti mendapat kleuntungan lagi. Nah benarkan? Terobosan baru membungkus  semua jadi keuntungan ….uih keren….keren …..catat ya ilmunya bisa ditiru.

Ada cerita lain dari bu Betti tentang pengalaman bekerjasama dengan orang lain. Beliau bekerja sama dengan salah satu pengelola pusat kursus. Mereka mulai dengan mengontrak sebuah rumah. Beliau yang membuat materi untuk TK tersebut dari mengenal tarik garis, mengenal angka, mengenal huruf dan lain-lainnya, dan tidak terlupakan aritmatika adalah unggulannya selain hafalan surat pendek. Tetapi, mengelola sekolah itu tidak seperti jualan batik, seperti usaha teman baliau sebekumnya, banyak ruginya. Sehingga hanya bertahan 3 bulan saja.

Pengalaman ini benar-benar best practise beliau, sehingga mampu membuatnya menjadi juara1 di Kota Bekasi dan urutan harapan di provinsi Jawa Barat. Beliau menjual buku di pusat-pusat kursus untuk membantu operasional sekolah. Tahun 2009 sekolah beliau sudah mendapat BOS jadi untuk SD sudah terbantu untuk operasionalnya.

Juara Lomba Best Practice

Berikut cerita bu Betti pengalaman mengikuti lomba. Saya mulai dari lomba tingkat kecamatan sampai akhirnya juara 1 tingkat kota mengalahkan 12 kecamatan. Saat lomba ada beberapa tes yang harus dilalui yaitu tes tertulis, psikotes, tes bahasa inggris, presentasi dari best practice dan hasil karya. Saat itu  saya sudah menulis buku tentang aritmatika buku A, B, C, 1,2 sd 27. Buku itu saja sudah 30 buku. Gila engga tuch ….banyak banget karya bukunya …..heee heee

(maaf bu Betti gila dalam arti mengagumkan, bukan gila beneran yah ….) 

Hak Paten Merk

Sepuluh menit sebelum berakhir pemaparan materi, selanjutnya beliau menceritakan:

Nah sekarang sekolah sudah berjalan baik. Jadi saya sudah tidak perlu mandorin lagi. Semua sudah berjalan. Sekarang saya mulai tertarik lagi dengan kuliner. Saya ikutlah pelatihan pelatihan yang berkaitan dengan itu. Sekarang selain saya punya sertifikasi pendidik, saya juga sudah punya sertifikat sertifikasi wirausaha. Saya juga mulai mematenkan merk lewat HaKI, mulai meng ” halal ” kan produk dan mulai meng ” pirt ” kan produk. Dan sekarang saya juga menjadi UMKM binaan Dinas Koperasi Bekasi. Oh ya hari ini Ultah ke 5 UMKM lho. Kalau besok baru ultahnya saya.

Karena hari Kamis tanggal 13 Agustus 2020 bu Betti ulang tahun, saya dengan cepat membuat kartu ucapan sederhana untuk beliau dan saya kirim ke bunda kanjeng untuk menshare ke grup WA Gelombang 15 ucapan ulang tahun tersebut.

SS (Screen Shoot) WA saya ke Bunda Kanjeng
Kartu Ucapan Sederhana untuk Bu Betti

Selanjutnya penjelasan beliau :

Untuk paten kan merk itu, kita lewat Dinas Koperasi..Kebetulan memang kita harus punya dulu ijin domisili usaha. itu bisa diurus ke RT, RW, kelurahan.

Tips dan Trik menjadi Guru merangkap Entrepreneur

Pemilik 24 kursus sekaligus Kepala Sekolah ini memiliki tips dan trik menjadi guru enterpreneur yang sukses, yaitu berani mencoba dan pantang menyerah. Gunakan peluang setiap ada kesempatan. Karena kesempatan itu belum tentu terulang kembali. Lakukan sesuatu yang baik. Kalau kita melakukan sesuatu yang baik, Allah akan siap menolong kita.

Baca pula kisahnya di sini

https://www.kompasiana.com/www.rosianafebriyanti.com/5e2cfb4cd541df57346c6092/berbekal-niat-dan-nekat-ibu-ini-berhasil-mendirikan-sekolah

Kesimpulan

Selagi bisa berkarya, berkiprah, lakukanlah. Kalau itu memang bagus, hati kecil kita tak mungkin mengingkarinya.  lakukanlah apa yang bisa dilakukan. Yang penting kegiatan itu  positif dan tidak merugikan orang lain.

Foto -foto yang di Share selama Pemaparan Materi

Respon Peserta

Itu dia guys resume pertemuan ke-5 Belajar Menulis Gelombang 15. Mudah-mudahan bisa bermanfaat. Jangan lupa ya guys … tinggalkan jejak di kolom komentar. Kritik dan saran tetap saya butuhkan untuk peningkatan kualitas resume berikutnya.  Salam Literasi

Tegal, 12 Agustus 2020

Tentang NUR HIDAYATI

Seorang Tenaga Pendidik (guru) di SMA Negeri 3 Kota Tegal

42 Komentar

  1. Banyak dan lengkap sebagai arsip biar hapus WA tapi masih ada di sini. kereeeen

  2. Kerenn.. bu

    1. Terima kasih mb yanti kunjungannya …salam literasi

  3. Luar biasa resume nya, penuh dengan seni dan pengetahuan

    1. Terima kasih mb imas dah mampir …salam literasi

  4. Keren tulisannya bu. Menarik tampilan blognya. Kapan-kapan mau belajar sama ibu. Ada nama ibu lho saya masukkan di tulisan saya di blog. Resume materi dari Cikgu Tere. Silahkan berkunjung dan dikomentari ya bu.

    http://srimulianahamid.blogspot.com/

    1. Sudah mampir ke blog mb Sri Mulianah …Keren dan komplit resumenya

  5. keren bingit mantap lengkap resumenya, raoseun maosna, matak cling terinspirasi

    1. Matur nuwun teteh ..tp itu artinya apa ya teh “raosen maosna, matak cling” he he he

      Salam litetasi teteh ….

  6. Resumenya mantap, dan narsumnya sangat inspiratif.

    1. Terima kasih mas sdh berkenan hadir …salam literasi

  7. Bener2 mantap dan keren Bu, resume dan tampilannya…enak dibaca dan lengkap

    1. terima kasih mas prapti …salam literasi

  8. Jooossss..

    seperti biasa Ibu yang satu ini mengupas secara lengkap materi dari narasumber…

    keren Bu

    1. matur nuwun mas Indra sdh singgah …salam literasi

  9. Aku adalah salah satu penggemarmu karena tulisanmua. Keren abis…

  10. Mantul.

    1. Terima kasih mb Endar ….

  11. Aku adalah salah satu pengagummu karena tulisanmu. I lope yu pull.
    Terperinci…

    1. I lope u 2 mb …salam literasi

  12. Ibu resumenya keren banget. Saya suka. Ayo diabadikan supaya jadibuku spesial yang bisa jadi panduan penulis yang lain

    1. Nggih bunda matur nuwun suport nya ….salam literasi bunda

  13. Resume yang luar biasa… Mantap bu….

    1. Hatur nuhun teteh dah berkunjung …salam litetasi

  14. Kereen tiada duanya

    1. Terima kasih bunda dah hadir …salam literasi

  15. hebat bu, resume lengkap

    1. Terima kasih mas dah mampir berkunjung. Semangat utk berliterasi

  16. Muantap pool bagus sekali bu

  17. Wah ibu curang yah, ajarin dong cara bikin blog keren begini
    Super keren sumpah bu

    1. He he he bukan rejekimu ya Deni mapel TIK terhapus dr struktur Kurikulum

  18. Ambyar 100% dech
    Mantap betul bu guru

    1. Terima kasih Windi ……

  19. Ceritanya mantap bu, jadi kaya ikut pelatihan. Lengkap dan detail materi yg di tulis. Cetar dech buat bu guru saya yg satu ini

  20. Keren bu ND ……nyesel dulu saya sekolah mapel TIK di hapus padahal bisa minta diajarin bikin blog yg keren ky punya ibu guru yah he he he

    Mantul bu resum dan blog nya

  21. Subhanallah…Mantap Resumenya..

    1. Terima kasih kehadirannya, salam literasi

      1. Masya Allah kereeen bgt bunda betti, sang motivator dan menginspirasi bagi pemula spt sy….dan terima kasih bu guru nurhidayati yg telah meresume nya…menjadi tulisan yg menarik….salam literasi…

        1. salam literasi mb Nurlaela …. terima kasih dah berkenan mampir

  22. Ceritanya mantap bu, jadi kaya ikut pelatihan lengkap dam detail materi yg ditulis

    Cetar dech buat bu guru yang satu ini……

  23. Keren bu , bu ND curang nih waktu saya masih sekolah ga diajarin bikin blog yang keren kaya gini heee heee karena mapel TIK sudah di hapus ya. Bu saat itu

    Duh nyesel ga dpt ilmu dr bu guru

    Keren banget bu resum dan blog nya

Komentar ditutup.