CLBK Bang Roma Menuai Hasil Amazing

Resume Pertemuan ke-4 Belajar Menulis Gel. 15

Profile Pemateri

Semangat pagi  guys …eh maaf pejuang literasi !!   kali ini resume yang akan Anda baca adalah pemaparan materi dari  Bang Roma, Roma disini bukan Raja Dangdut ya (Bang Haji itu….), atau bukan pula Biskuit Roma Kelapa he he he untuk lebih jelasnya Anda baca saja sampai selesai karena selalu saya sertakan SS (Screen Shoot) pertanyaan sebagai respon dari peserta pelatihan sehingga para pembaca yang tidak mengikuti pelatihan pun seakan-akan terbawa suasana pelatihan online WA Group. Cusss… silahkan simak resumenya ….

Acara ini dipandu oleh Bunda Kanjeng (gaul juga lho Bunda Kanjeng ini ). Sebelum memaparkan materi Bang  Roma begitu beliau biasa disapa  (maaf biasanya Pak Roma, tapi kali ini sengaja saya panggil Bang Roma) menceritakan sedikit tentang kegiatan lainnya yaitu selain sebagai guru, sering pula beliau  diundang untuk menjadi juri pada lomba-lomba debat Bahasa Inggris tingkat SMA dan Lomba Story Telling tingkat SMP di Kabupaten Tana Toraja. Pernah menjadi dosen tidak tetap di Fakultas Ekonomi Universitas Kristen Indonesia Toraja, sebagai Tutor di Universitas Terbuka dan sebagai Fasilitator Belajar di Yayasan Trampil Indonesia.

Saat ini beliau diberi tugas tambahan di organisasi PGRI, sebagai Wakil Sekretaris PGRI Kabupaten Tana Toraja dan Sekretaris Perwakilan YPLP PGRI Kabupaten Tana Toraja. Ternyata bang Roma aktif juga orangnya …keren dech.

Bang Roma adalah alumni pelatihan Belajar Menulis lewat Grup WA gelombang  8 dan gelombang  9 (cie cie almamaternya sama dong dengan kite-kite, he he he  cuma beliau duluan …kite mah Gelombang 15 ). Kisah menulis buku bersama Prof. Richardus Eko Indrajit yang diselesaikan dalam waktu seminggu hampir sama dengan Cikgu Tere. Lagi-lagi nama Prof. Eko yang gaul itu disebut narasumber. Keren kan guys ….Dan inilah hasil buku yang luar biasa tersebut.

DIGITAL TRANSFROMATION, Berubah Untuk Menguasai Dunia.

Judul bukunya sudah cetar membahana gitu ya….

Kisah menulis yang diceritakan  bang Roma saat berkolaborasi  dengan Prof Eko, hampir sama dengan kisah Cikgu Tere. Jalan cerita  bang  Roma, sampai pada tahap  yang menyentuh emosi, karena saat pengumuman dari penerbit ANDI, bahwa konsep buku  bang Roma dinyatakan  lolos dan akan segera diterbitkan, Bung Roma meneteskan air mata (tapi bukan cengeng ya guys)  dan segera menghubungi Prof.  Eko, Bang Roma mengatakan, “Terima kasih prof. jujur sy menangis prof, Terima kasih bimbingannya. Seorang anak kampung, ternyata bisa nulis buku.” (bukti real bahwa siapapun yang mau berusaha akan terwujud menjadi penulis dan bersanding dengan orang yang berkarya hebat). Waduh …tisu mana tisu ….

Berikut adalah konsep diri dari Bang Roma dalam menulis yaitu CLBK (Coba, Lakukan, Budayakan dan Konsisten).

COBA

Menurut beliau, tidak  ada satu pun usaha yang berhasil jika tidak mencobanya lebih dahulu. Setiap tawaran pekerjaan dan amanah yang diberikan kepadanya, beliau  jarang menolaknya selama ada kaitannya dengan dunia mengajar. Sama halnya dengan menulis, memulainya kadang susah, terutama dalam membangun ide lalu mencurahkannya kalimat demi kalimat. Mencoba berulang-ulang akan melatih kita memproduksi untaian kata-kata yang menghasilkan kalimat bermakna.

LAKUKAN

Yang dimaksud dengan lakukan adalah Ketika kita sudah mencoba, telah menemukan rasa dan keunikan tulisan kita, maka harus terus dilakukan agar ide kita tidak mengendap seiring berlalunya waktu. Jika ada kendala, dan kita berhenti menulis saat itu, maka saat itu juga semangat menulis kita berhenti. Jadi saya paksa diri saya untuk menulis, hingga kini. Menulis apa saja, intinya harus ada sesuatu yang tersimpan di draft tulisan blog saya atau tersimpan di laptop.

BUDAYAKAN

Menulis harus menjadi budaya kita. Menjadi bagian dari cara hidup kita. Menjadi bagian tak terpisahkan dalam kehidupan kita. Jadi, budayakan menulis, sehingga menjadi panggilan beraktifitas setiap hari.

KONSISTEN

Tak ada karya yang terselesaikan dengan baik tanpa konsistensi. Konsisten dalam menulis adalah misi untuk mencapai visi seorang penulis, yakni menghasilkan sebuah karya tulisan yang bisa memberi inspirasi bagi banyak orang. Bagaimana cara beliau konsisten? Memaksa menulis setiap hari, minimal menulis tugas untuk siswa di blog atau upload gambar. Selain itu, beliau  aktif membeli buku secara online. Jika merasa  kesulitan mengembangkan ide, maka beliau  mencari buku di OLSHOP.

Pesan dari bang Roma “ jangan takut CLBK, namun nikmatilah prosesnya dan syukuri hasilnya”.  Paparan materi malam itu ditutup oleh Bang  Roma dengan kalimat  “ Menulis adalah proses kehadiran kita untuk membawa kabar baik tentang ilmu kehidupan. Apa pun yang kita tulis pastinya ada hubungannya dengan proses hidup kita”.

Berikut adalah pesan yang disampaikan oleh bang Roma (motivasi yang disampaikan oleh bapak Joko Mumpuni dari penerbit ANDI dan membawa manfaat sangat besar bagi beliau)

Respon Peserta

Itu dia guys resume pertemuan ke-4 Belajar Menulis Gelombang 15. Mudah-mudahan bisa bermanfaat. Jangan lupa ya guys … tinggalkan jejak di kolom komentar. Kritik dan saran tetap saya butuhkan untuk peningkatan kualitas resume berikutnya.

Salam Literasi

Tegal, 11 Agustus 2020

Tentang NUR HIDAYATI

Seorang Tenaga Pendidik (guru) di SMA Negeri 3 Kota Tegal

39 Komentar

  1. Resumenya lengkap dan memukau , baik kalimat dan tampilannya Bu…

    1. terima kasih ….suportnya

  2. Mantap bu, saya izin sitasi tadi beberapa kalimat.
    Tulisan ibu selalu dilengkapi dgn bukti, jadi tidak hanya sebatas opini pribadi saja ..

    1. silahkan mas …..terima kasih kunjungannya

  3. Wah, ini sudah keren dan sangat lengkap bu. Tetap semangat dan lanjutkan

    Salam Literasi

    1. Terima kasih mb Marnawati kunjungannya …salam litetasi

  4. Terima kasih mb Siti Neng ..salam literasi

  5. Mantap Bu
    Salam literasi

    1. Terima kasih mb Juni ….tetap semangat salam litetasi

    2. terima kasih sdr Juni sudah berkenan hadir

  6. Gaya resume nya Cetar membahana juga…pokoknya saya suka….

    1. Terima kasih kalo suka resumenya mas Etik …salam literasi

  7. Ini dia resume dengan SS komentar

    Lengkap dan runtut sehingga nyaman membacanya

    Semangat45 Bu…

    1. Terima kasih mas Indra Keren ….tetap semangat mas utk menulis …..

  8. Keren bingit , amazing Narsum nya amazing resume nya jadi asyik bacanya

  9. terima kasih pak Roma dari tana toraja yang telah menginspirasi kami, semoga kami bisa menerbitkan buku di penerbit mayor.

    1. aamiin …ya om jay anda menjadi motivator kami dalam berliterasi

  10. Judul amazing, resunenya jg amazing.
    Gaya penulisannya okey, baru lihat saja sdh membuat orang tertarik untuk membacanya. I like it.
    Salam erat.

    1. terimaksih mb …aduh maintenance blog nya jadi beberapa jam yg lalu eror ..alkhamdulillah isinya tidak hilang ….tetap semangat Literasi ya mb ….

  11. Terasa penulisan resume nya dipersiapkan dg baik tidak asal. Bagus dan apik tertata dg baik. Jadi inspirasi nih buat sy dlm menulis. Blog nya keren bu. Gmn nih cara bikinnya ko bisa bagus gt tampilannya

  12. Keren bunda, greget gitu resumenya sy cb buka di hp dan laptop ttp bagus mmg tampilan blog nya di baca juga ga bikin boring. Wah ambyar parah tulisannya bund. Keren sumpah

  13. Tampilan blog nya asyik bu.
    Apa yang ga. Bisa dari bu ND sih
    Bisa nyanyi, masak, sekarang nulis ih paket komplit ibu guruku ya
    Top markotop bu

  14. Memiliki konsep yang berbeda dalam mnyajikan tulisan.. humoris. Hehe.. saya suka bu

    1. Terima kasih mb …salam literasi

  15. Andai Anda di dekat saya akan saya bisiki,” Kamu memang beda,”
    “CLBK, yuk!”

    1. Ha ha ha …mmg lg pingin terinveksi CLBK nih mas ….biar niru naeasumber nya

    2. Ha ha ha …mmg lg pingin terinveksi CLBK nih mas ….biar niru narasumber nya

  16. Keren Bun ….mantap

    1. Terima kasih bund ….salam literasi

  17. Performance nya keren bund. Ga bosenin baca juga enak memanjakan mata

  18. Luar biasa ibu Nur, makin terasah makin menikmati menulisnya……

    1. Terima kasih bang Roma he he he mudah2n CLBK nya jd virus

  19. Mantap sekali Bu. Amazing

    1. Terima kasih mb Mernawati

  20. Keren

    1. Terima kasih bunda Endar ….

  21. jiooooz lanjut menulis bu

    1. nggih mas …belajar menulis terus biar lancar he he hhe salam literasi

Komentar ditutup.