Ide Cemerlang Terinspirasi dari Orang yang Berkarya Hebat

Resume Ketiga  Belajar Menulis Gelombang 15

Hari/tanggal          : Jum’at, 7 Agustus 2020

Waktu                   : Pukul 19.00 – 21.00 WIB

Pemateri               : Theresia Sri Rahayu, S.Pd. SD

Topik                    : Pengalaman Menerbitkan Buku di Penerbit Mayor

Peresume            : Nurhidayati, S.Kom ( nurhidayatismaga@gmail.com

Mengikuti Pelatihan Belajar Menulis Online Gelombang ke-15 melalui WA group pada pertemuan ke-3 yang dilaksanakan pada hari Jumat, tanggal 7 Agustus 2020. Pemateri pada pertemuan ketiga  ini adalah seorang guru SD  yang sarat dengan segudang prestasi. Semua prestasi yang telah diraih ada pada profil yang saya deskripsikan di atas dengan lengkap. Pelatihan dimulai tepat pada pukul 19.00 sampai pukul 21.00 WIB.

Acara ini dipandu oleh Mr. Bams karena Om Jay tidak bisa hadir. Sebelum memaparkan materi Cikgu  Tere mengucapkan terima kasih kepada Om Jay, Prof. Eko dan Penerbit Andi yang telah mewujudkan salah satu mimpi terbesar beliau dalam hidupnya.

Bermula dari Mimpi Besar Cikgu Tere

Cikgu Tere yakin bahwa setiap orang pasti mempunyai mimpi besar dalam hidupnya, namun tidak semua orang dapat mewujudkannya. Beliau sendiri berhasil mewujudkan salah satu mimpinya yaitu menerbtkan buku di penerbit Mayor. Menurut Cikgu Tere, hari Rabu, 5 Agustus 2020 Om Jay menghubungi beliau untuk berbagi dengan kami peserta Belajar Menulis gelombang 15 dengan topik Menerbitkan Buku di Penerbit Mayor. Beliaupun bersedia karena menurut Cikgu Tere Om Jay adalah sosok yang sangat luar biasa yang sudah menularkan virus menulis dan memberikan kesempatan kepada Cikgu Tere untuk mendapatkan keajaiban menulis setiap hari.

Jumat malam tanggal 7 Agustus 2020 ini selama 2 jam beliau berbagi pengalaman yang luar biasa kepada para peserta pelatihan. Cikgu Tere juga menyediakan surprise yang menarik di akhir kegiatan. Ternyata Cikgu Tere adalah salah satu peserta kegiatan Belajar Menulis melalui WA Group yang digagas oleh Om jay dan tim narasumbernya. Saat itu Cikgu Tere tergabung di Grup Pelatihan Menulis Gelombang 4. Dalam salah satu materi kegiatan tersebut Cikgu Tere dan peserta gelombang 4 mendapat tantangan dari narasumber Prof. Richardus Eko Indrajit.

Menurut Cikgu Tere materi yang disampaikan narasumber sangat menarik dan beliau antusias untuk mengikuti tantangan yang beliau berikan yaitu  menulis buku dalam waktu seminggu. Prof. Eko melelang topik bukunya dan meminta para peserta  memilih salah satu topik tersebut dengan langsung menuliskan nama peserta pelatihan. Saat itu, ada banyak topik yang diberikan. Topik – topik ini terdapat dalam chanel youtube Prof. Eko  yaitu ekoji chanel. Ternyata, Prof. Eko  setiap hari melakukan live seminar di youtube dengan berbagai topik yang sangat menarik dan tentunya bermanfaat.

Berikut Channel Youtube Prof. Richardus Eko Indrajit.

https://www.youtube.com/channel/UCa3LCo2Zjy_h_NaWz1V2jOw

Saat itu, Cikgu Tere  merasa penasaran dengan  salah satu topik yaitu Ubiquitous Learning. Beliau merasa penasaran sehingga  membuka channel youtube Prof. Eko dan menyimak materi terkait topik tersebut. Besoknya langsung Cikgu Tere mendaftarkan namanya   untuk menjadi penulis buku.

Respon Positif Prof. Richardus Eko Indrajit.

Menurut Cikgu Tere luar biasa sekali rasanya saat itu. Beliaupun segera menyusun outline dan menghubungi  Prof. Eko,   menurut Cikgu Tere seumur – umur baru berinteraksi dengan Profesor secara langsung (japri),  lalu di luar espektasi beliau, sang profesor  langsung membaca dan melihat pengajuan judul serta outline yg Cikgu Tere  serahkan. Saat itu judul bukunya  adalah Belajar Semudah Klik, Membangun Ubiquitous Learning Dalam Konsep Merdeka Belajar. Prof. Eko  pun menambahkan satu kata yaitu Ekosistem, sehingga judul bukunya menjadi   “ Belajar Semudah Klik, Membangun Ekosistem Ubiquitous Learning Dalam Konsep Merdeka Belajar”.  Outline yang Cikgu Tere  berikan saat itu hanya 3 bab dan Prof. Eko hanya mengatakan, “Wah, keren. Saya jadi penulis kedua, ya.” Kata sang  profesor.

Karena tidak percaya dengan respon Prof. Eko, Cikgu Tere sampai bertanya kepada para peserta pelatihan “Bpk/Ibu bisa bayangkan perasaan saya saat itu ???”

Mengapa Cikgu Tere terharu ? hal ini karena keesokan harinya, sang profesor  langsung membuat cover buku untuk Cikgu Tere. Katanya untuk memotivasi guru – guru yang lain. Berikut ini adalah cover buku Cikgu Tere

Setelah itu, Cikgu Tere  digabungkan dalam satu grup WA yaitu Menulis Bersama Prof. Ekoji. Dalam grup itu , para peserta saling memotivasi agar dapat menyelesaikan tantangan menulis dalam seminggu. Saat ini grup tersebut beranggotakan 20 orang termasuk Prof. Eko.

Cikgu Tere  merasa sangat bersyukur karena  dipertemukan dengan rekan – rekan penulis dari berbagai daerah dan mereka  adalah guru serta dosen yang menyatakan kesanggupannya menulis buku dalam waktu satu minggu. Menurut Cikgu Tere, “jujur  saya sendiri merasa takut ketika Prof. Eko mengatakan bahwa tgl 25 April 2020 kami  akan melakukan presentasi karya, ini artinya draft buku kami harus segera selesai. Mampu atau tidak ya? Begitu pikiran Cikgu Tere.

Cikgu Tere mendeskripsikan kegiatan beliau sehari-hari bahwa sampai saat ini  di daerah NTT, tidak memungkinkan pembelajaran online, maka beliau menyusun LKS dan melakukan kunjungan ke rumah siswa. Jadi bisa dibayangkan kesibukan yg beliau  hadapi di samping juga kewajiban utama sebagai ibu rumah tangga. Panik, stress, pusing, karena tidak bisa membagi waktu dengan sekian banyak kesibukan. Akhirnya, tgl 25 April 2020 para peserta pun bertemu secara virtual, dan satu per satu, mereka  bergantian mempresentasikan karyanya.

Di akhir kegiatan, Prof. Eko menyampaikan bahwa ada sedikit perubahan yg harus para peserta lakukan, di antaranya  jenis huruf menggunakan verdana, ukuran 10, spasi tunggal. Ukuran kertas A5, lalu lengkapi dengan index dan daftar pustaka dibuat otomatis, kemudian minimum 100 halaman dan jumlah bab paling sedikit 5 bab.

Ternyata, setelah Cikgu Tere  layout dengan ketentuan di atas, jumlah halaman tulisan Cikgu Tere  hanya mencapai 60 halaman. Jadi PR  Cikgu Tere  sangat banyak di samping beliau juga harus belajar bagamana caranya membuat index dan daftar pustaka serta daftar isi otomatis. Bisa dibayangkan bagaimana perasaan Cikgu Tere saat itu ?

Terlanjur Basah ya sudah Mandi Sekalian

Namun, orang bilang sudah terlanjur basah, ya sudah mandi sekalian, beliaupun bergegas mencari tambahan 2 bab dan menulis lagi sampai di atas 100 halaman. Saya jelas penasaran bagaimana cara Cikgu Tere membagi waktunya ? menurut penuturan Cikgu Tere, saat itu beliau mengatakan pada suaminya utk membantu dalam  menyelesaikan penulisan buku. Jadi, suaminya  bertugas menjaga anak mereka  yang masih berusia 3,5 tahun dan membawanya bermain di luar saat Cikgu Tere  mau menulis. Karena Cikgu Tere membutuhkan suasana tenang saat menulis.

Malam hari, ketika mereka sdh tidur, Cikgu Tere  turun kembali dari tempat tidur dan melanjutkan menulis lagi. Karena malam hari juga waktu tenang. Lalu, bangun pagi juga begitu. Sebelum beraktivitas di dapur, Cikgu Tere sempatkan menulis lagi.

Lelah yang membuahkan Hasil

Akhirnya, Prof. Eko menyampaikan pada para peserta, bahwa tanggal 4 April 2020,  para peserta akan berhadapan dengan Penerbit Andi secara virtual. Jadi, naskahnya  harus masuk ke Prof. Eko sebelum  tanggal 4 April 2020. Setelah naskahnya selesai, beliau serahkan pada Prof. Eko, walaupun setelah itu Cikgu Tere menjadi gelisah sampai tidak nyenyak tidur. Karena menurut mCikgu Tere  inilah penentuan takdir dari tulisannya. Dan hari yg ditunggu – tunggu pun tiba, setelah mendengarkan paparan dari  Penerbit Andi, akhirnya naskah Cikgu Tere  dinyatakan diterima dan akan diterbitkan oleh Penerbit Andi. Kemudian Cikgu Tere dihubungi oleh Ibu Dwinita dari Penerbit Andi dan pada tanggal 20 Juni 2020, Ibu Dwinita  mengatakan bahwa tanggal  Proof buku mba Tere selesai dan akan segera dikirimkan ke mba Tere. Proof itu berupa naskah buku yang sudah  dilayout namun masih berupa lembaran / belum dijilid. Dikirimkan pada penulis  agar  bisa dikoreksi apabila masih ada kesalahan. Dan akhirnya penantian Cikgu Tere membuahkan hasil yang manis pada tanggal 3 Juli 2020, menerima proof naskah buku berikut lampiran Surat Perjanjian Penerbitan dari Penerbit Andi.

Berikut adalah desain preorder buku  Belajar Semudah Klik,  dan ini siap untuk menjadi bukti bahwa peserta belajar menulis BISA MENULIS MENERBITKAN BUKU DI PENERBIT MAYOR.

Tepat pukul 20.01 Cikgu Tere mengakhiri pemaparan materinya dan disambung dengan beberapa pertanyaan dari para peserta dengan sangat antusias.  

Respon Peserta

Penutup

Sebenarnya masih ada 10 pertanyaan yang belu terjawab tetapi karena keterbatasan waktyu sehingga pemaparan ini harus segera diakhiri. Sebagai penutup Cikgu Tere memberikan ulasan “ Bpk/Ibu yg luar biasa, saya hanya segelintir orang yg berani bermimpi besar. Namun bagi saya, mimpi itu laksana sebuah kunci utk menaklukan semua rintangan di dunia. Jadi, peliharalah mimpi itu dan segeralah bangun untuk mewujudkannya”

Dari kuliah Jumat malam inilah saya mendapatakan ide cemerlang terinspirasi dari karya Cikgu Tere yang hebat.

Demikian resume pertemuan ke-3 Belajar Menulis Gelombang 15. Mudah-mudahan bisa bermanfaat. Kitik dan saran tetap saya butuhkan untuk peningkatan kualitas resume berikutnya.

Salam Literasi

Tegal, 8 Agustus 2020

Tentang NUR HIDAYATI

Seorang Tenaga Pendidik (guru) di SMA Negeri 3 Kota Tegal

59 Komentar

  1. Keren banget tulisan dan tampilan. Juga menginspirasi

    1. terima kasih mb sri Mulianah kunjungannya

  2. Mantap bu tulisannya, semangat! Salam literasi.

  3. Ini keren banget sih, mudah dipahami resumenya, perdiksi nya juga jelas. Lengkap banget paket komplit deh Bu pokoknya he he
    Sukses selalu Bu Nurhidayati

    1. Terimakasih mas Gigih kunjungan dan komentarnya juga suportnya

  4. Lengkap dan komplit bu. Tetap semangat.
    Salam Literasi

    1. Salam literasi mb ….terima kasih kunjungannya …tetap semangat MB utk menulis

  5. Hmmm, komen yang ke berapa saya ya, ngga ketinggalan kan, ha ha….
    Ngga sia-sia saya berkunjung ke Blog Bu Nur Hidayati, resumenya Amazing…
    Lengkap,kereeeennnn….

    Perlu dihadiahi kue Apem Khas Pemalang nih…, he he….

    1. He he he matur nuwun wacana hadiah kue apem nya …mas Etik

      Sy masih hrs byk belajar dr para penulis hebat spt pemateri kita

  6. Sungguh memanjakan mata.. bagus bu. Kerenn

  7. Bagus Bu resume nya mantul ….

    1. makasih ya mas Ferry

  8. Wiiih mantul dari setiap sudut

    1. mungkin karena pake kursi sudut mb Imas hehe he salam kenal mb

  9. Gaya penulisannnya keren banget. Amazing…lengkap, panjang, isinya bagus. Pokoke top deh… Sukses ya…

    1. matur nuwun mb hayati suportnya

  10. Resume yg sangat luar biasa bu,lengkap bgt,Mantap. Sukses teruss bu ND

    1. Terima kasih mas Faza

      1. Ini keren banget sih, mudah dipahami resumenya, perdiksi nya juga jelas.
        Lengkap banget paket komplit deh Bu pokoknya hehe
        Sukses selalu Bu Nurhidayati

        1. Terima kasih kunjungan dan komennya mas gigih …..

  11. Resumenya top markotop bu Nd…..
    Alurnya sangat jelas dari awal ampai akhir cerita seakan-akan pembaca ikut pelatihan sendiri. Isi resumenya jg mampu menaikan semangat literasi pembaca. Pokoknya sangat membuat kita jadi inspirasi deh…

    1. Terima kasih Tahta atensinya

  12. Gaya penulisannnya keren banget. Amazing…lengkap, panjang, isinya bagus. Pokoke top deh… Sukses ya…

  13. Inspiring resume !!!
    Good Job Mam, keep it.
    .
    .
    .
    Salam ra kaiki ( Silirejo Memory )

    1. Terima kasih mas …salam Ra Kaiki juga tim KKN silirejo

  14. Resumenya top markotop bu Nd…..
    Alurnya sangat runtut dari A sampai Z seakan-akan pembaca ikut pelatihan sendiri. Isi resumenya jg mampu membangkitkan semangat literasi pembaca. Pokoknya inspiratif deh…..

    1. Matur nuwun Bu Efi …mudah2n bs bermanfaat utk sesama …salam literasi

  15. Wah ambyar parah ini resumenya bu …bikin kita tercengang …mantul bu

    Belajar byk nih dr bunda

  16. Mantap bunda resumenya
    Keren ambyar dech

  17. Resume yg bagus bu mampu menginspirasi pembacanya

  18. Selalu mantul bu guru saya yg satu ini, selamat bu ND resume nya keren

    Salam literasi bu

  19. Keren bu ND, resumenya cetarrrr membahana bu

    Nama bu ND lbh enak di ucapkan srpd bu Nur heeee

    Selalu berprestasi nggih bu

  20. Luar biasa bu Nur, guru saya yg sll ceria dan ternyata sll berprestasi juga. Tetap semangat ya bu. Jd kangen ibu yg sll ramah dan senyum dg kami siswanya
    Resume nya keren bu

  21. Mantul bu Nur …. resume detail dan lengkap bisa menginspirasi utk menulis ….semangat berliterasi dan sll berprestasi bunda

    1. Terima kasih atensinya mas Kholis …..

  22. Luar biaasa ada pertanyaan saya disini…!!!!

    resumenya lengkap dari awal hingga akhir.

    Terimakasih Bu.

    1. Sami sami bunda …mudah2n kita ttp bs Istiqomah dlm berlitetasi

  23. Keren …. goodluck sllu

    1. Hatur nuhun aa Apriansyah

  24. Bagus sekali resumnya bu Nurhidayati, sanagat detil, bisa menginspirasi teman-teman. Bravo dan semangat ya….

    1. Matur nuwun atensinya pak Wiyarna ….lagi belajar pak

    2. Selamat n semangat u terus bisa berkarya …. smg virus literasinya bs menjd epidemi di smaga dan pandemi dimnpun …. aamiin

      1. Nggih matur nuwun suport dan atensinya

  25. Sungguh resume yang cetar mebuat pembaca termotivasi

    1. terima kasih bunda, panjenengan juga salah satu motivator saya yang mampu menginfekasi virus literasi

  26. Hanya satu kata. Bagus.
    Semoga penuksi lainnya juga menukis seperti ini dengan gaya bahasa sendiri.

    1. terimaksih Om Jay, salah satu inspirator dan motivator saya dalam berliterasi

  27. Mantap bingit luarbiasa bagus pisan lengkap resume nya menginspirasi

    1. terimaksih bunda ….

  28. Luar biasa detail. Penulis seakan tidak mau kehilangan momen jalannya kuliah online. Sejatinya kuliah online berjalan secara maya tanpa visualisasi. Kuliah berjalan melalui serangkaian tulisan, sesekali disertai “emoticon” untuk mendukung atau memperkuat maksud penyampai pesan. Membaca resume sahabat menulis kali ini seakan kita diajak secara visual mengikuti kuliah tersebut.
    Dan, saya harus menelusur kembali definisi resume.
    Salam sahabat menulis.

    1. mungkin bukan resume ya mas ..tetapi lbh tepat reportase he he he terima kasih masukannya ….

  29. hebat detail sekali tesumenya, salam kenal dari Bahrudin

    1. salam kenal kembali mas Bahrudin saya sudah beberapa kali berkunjung ke blog anda. terima kasih kunjungannya

    1. terimaksih bunda Asnati ….

  30. Wahh … Resumenya yang sangat kaya warna. Baik dr isi maupun penyajiannya. Luar biasa.

    1. terima kasih cikgu Tere…anda lah yang menginspirasi saya. mudah2n saya bisa terinveksi virus literasi anda

Komentar ditutup.